PENGEMBANGAN ORGANISASI
1.
2.
3.
4.
Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan :
1. Efisien dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada konsep Minimaks (Masukan minimum dan keluaran maksimum).
2. Efektifitas adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai
3. Kesehatan organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas
Tujuan Pengembangan Organisasi ;
1. Menciptakan keharmonisan hubungan kejra antara pimpinan dengan staf anggota organisasi
2. Menciptakan kemampuan memecahkan persoalan organisasi secara lebih terbuka
3. Menciptakan keterbukaan dalam berkomunikasi
4. Merupakan semangat kerja para anggota organisasi dan kemampuan mengendalikan diri
Sifat-sifat dasar
1.
2.
3. Program
4.
1.
2.
Nilai-nilai dalam
1. Penghargaan akan orang lain
2. Percaya dan mendukung orang lain, sedangkan individu sendiri harus mempunyai tanggung jawab
3. Pengamanan kekuasaan (mengurangi tekanan pada wewenang)
4. Konfrontasi (masalah yang tidak disembunyikan)
5. Partisipasi (melibatkan orang-orang yang mempunyai potensi dalam proses pengembangan organisasi).
Proses Pengembangan Organisasi ;
1. Pengenalan masalah
2. Diagnosis Organisasional
3. Pengembangan strategi perubahan
4. Intervensi
5. Pengukuran dan Evaluasi
Perspektif tentang perubahan :
· Perubahan selalu terjadi di mana saja, bahkan dapat dikatakan tidak ada yang abadi (kecuali perubahan tersebut)
· Perubahan bersifat universal (di mana saja, kapan saja, serta dihadapi oleh siapa saja)
· Reaksi terhadap perubahan, berbeda-beda
· Karena itu pemahaman mengenai proses perubahan, hal-hal yang harus diperhatikan dalam suatu proses perubahan, rekasi terhadap perubahan, dan cara memanajemen reaksi tersebut secara efektif perlu dicermati, terutama oleh pimpinan puncak organisasi
Pendekatan melakukan perubahan :
1. Pendekatan kekuasaan sepihak, dimana atasan melalui kekuasaan dan wewenang dapat menyarankan untuk melakukan perubahan yang dapat dilakukan dengan tiga cara :
A. Dekrit
B. Pergantian
C. Struktur
2. Pendekatan bersama :
Dilakukan dengan cara ;
a. Keputusan kelompok
b. Pemecahan dalam kelompok
3. Pendekatan Delegasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu ;
a. Keputusan kelompok
b. Kelompok latihan kepekaan
Desakan untuk melakukan peubahan atau sumber-sumber perubahan
Menurut Indriyo Gito Sudarmo, dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Dari dalam :
· Perubahan nilai kerja
· Produk Uang
· Masalah proses organisasi
2. Dari Luar
· Persaingan
· Perubahan permintaan konsumen
· Ketersediaan sumber-sumber
· Teknologi
· Sosial Politik
Menurut Wilson, Desakan untuk melakukan perubahan / sumber-sumber perubahan dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Dari dalam
· Visi, Misi, dan Filosofi baru
· Strategi baru
· Redifinisi core business
· Restrukturisasi dan re-engineering organisasi
· Kondisi SDM
· Perubahan budaya organisasi
2. Dari Luar
· Kondisi Ekonomi
· Nilai-nilai politik
· Perubahan kondisi pasar
· Teknologi baru
· Peraturan baru
· Standar dan kualitas baru
Penolakan terhadap perubahan :
1. Penolakan oleh individu, karena ;
· Ketakutan akan kehilangan, kegagalan, sesuatu yang tidak diketahui
· Ketidak mampuan beradaptasi
· Ketidak percayaan terhadap manajemen
· Ancaman terhadap keterampilan
2. Penolakan organisasi, karena :
· Ancaman terhadap struktur kekuasaan
· Keengganan merubah struktur yang sudah stabil
· Sub system atau system hubungan
· Biaya besar
Mengatasi penolakan terhadap perubahan :
Metode yang digunakan dan dalam situasi yang dihadapi :
1. Pendidikan dan komunikasi
Jelaskan hakekat perubahan, mengapa perubahan perlu dilakukan, jelaskan masalah yang berkaitan denganperubahan, berikan pemahaman yang logis dan rasional terhadap perubahan, dilakukan bila : terjadi adanya kekurangan informasi dan informasi yang akurat mengenai perubahan
2. Keterlibatan dan Partisipasi
Libatkan bawahan dalam perubahan, dilakukan bila : pemilik gagasan tidak memiliki sebuah informasi yang diperlukan untuk mendesain perubahan
3. Dukungan
Bangkitkan dukungan dari kekhawatiran pekerja
Agen-agen perubahan :
Agen perubahan merupakan orang-orang baik konsultan maupun manajer yang mempunyai perspektif baru (mampu menciptakan efisiensi, efektifitas dan kesehatan organisasi) di dalam perubahan atau pengembangan organisasi atawa orang-orang yang membawa gagasan baru dan pendapat atau solusi yang membantu anggota organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar