Drupal 6 Masih Miskin Themes (Sampai Hari ini)

| Jumat, 11 Desember 2009
Sampai dengan hari ini perkembangan Drupal rilis terbaru yaitu Drupal 6 masih jauh dari harapan.

Hal ini mungkin terbilang wajar karena Drupal 6 baru tersedia sekitar beberapa bulan yang lalu. Sekitar akhir tahun lalu rasa optimistis saya muncul ketika drupal mengumumkan akan merilis Drupal 6 yang tentu saja lebih lengkap dari segi fitur dibanding versi sebelumnya.

Berbulan-bulan sudah menunggu tetapi perkembangan untuk modules dan themes begitu lambat, hampir setiap hari mengunjungi website Drupal untuk melihat apakah ada yang baru disana. Namun belum ada perkembangan berarti.

Untuk modules Drupal 6 sendiri memang sudah mulai 'sedikit lengkap', setidaknya seperti yang anda bisa lihat penerapannya di situs ini.

Lain halnya dengan themes untuk Drupal 6, terasa lambat sekali perkembangannya. Sangat jauh jika kita bandingkan dengan themes untuk Wordpress - yang membuat saya sedikit iri juga - yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan dengan berbagai macam variasi.

Mungkin ini terjadi karena para pengembang Drupal lebih fokus kepada 'isi' Drupal itu sendiri dibanding 'kulit luar' nya.

Sehingga saat ini saya hanya dapat menunggu dirilisnya modules dan themes Drupal 6 sambil berharap suatu saat nanti dapat berkontribusi langsung pada komunitas Drupal dunia karena Drupal dapat terus berkembang dengan dukungan komunitas yang kuat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲