Mantan Pegawai Google Buat Mesin Pencari untuk Menyaingi Dominasi Google

| Jumat, 11 Desember 2009
Cuil, diucapkan “cool”, adalah sebuah mesin pencari baru yang menurut klaim mereka dapat mengindeks lebih dari 120 milyar halaman. Cuil didirikan oleh beberapa mantan pegawai Google. Kata "cuil" berasal dari kata Irlandia kuno yang berarti pengetahuan dan jika kita ingin mendapatkan pengetahuan maka "tanyalah cuil".

Sampai saat ini sudah banyak situs mesin pencari tersedia di internet namun belum ada satupun dari mesin pencari tersebut yang sanggup menyaingi keperkasaan Google. Dan kini telah hadir mesin pencari baru, Cuil, yang didirikan oleh pasangan suami istri Tom Castello dan Anna Patterson. Anna Patterson masuk menjadi pegawai Google pada tahun 2004 dan pernah menjabat sebagai kepala teknis di salah satu unit google Sedangkan suaminya mantan pegawai IBM.

Jika memang benar kemampuan Cuil mampu untuk mengindeks sebanyak 120 milyar halaman maka angka sebesar itu besarnya 3x lipat dari kemampuan mengindeks Google. Meskipun baru-baru ini Google mengumumkan bahwa mereka telah menaruh 1 bilyun link di database mereka, namun link tidak dianggap sebagai halaman mandiri.

Tetapi apa yang mereka akui sepertinya tidak benar adanya. Saya coba beberapa kali memasukkan kata kunci tapi tak ada satupun yang tepat dalam hasil pencariannya. Misal situs detik.com yang begitu terkenal di Indonesia tapi tidak dikenal oleh Cuil. Coba anda ketik "detik" di google dan cuil, bandingkan hasil yang didapatkan. Aneh bukan, mengaku sudah mampu mengindeks melebihi Google tapi koq seperti itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲