Knol Jawaban Google atas Wikipedia

| Jumat, 11 Desember 2009
Butuh waktu selama enam bulan bagi Knol -- jawaban Google untuk wikipedia -- untuk muncul. Situs yang saat ini masih dalam tahap Beta itu merupakan situs yang hampir memiliki fungsi sama dengan situs Wikipedia.

Kenapa Google meluncurkan situs mirip seperti Knol?

Jika anda seorang petinggi Google maka dipastikan anda pun akan mengikuti langkah yang sama dengan membuat sebuah web 3.0, tempat dimana orang-orang mencari sumber-sumber informasi.

Kepopuleran wikipedia dan pengelolaan sistem pembuatan artikelnya sekarang memang menjadikan situsnya sebagai referensi para pencari informasi. Jutaan artikel bisa kita dapatkan dengan mudah di situs wikipedia bahkan situs wikipedia sudah dapat dinikmati oleh berbagai pengguna bahasa di dunia. Dan nampaknya hal itulah yang membuat Google ingin ikut meramaikan persaingan. Namun sebenarnya Google menawarkan konsep yang lain dibandingkan dengan Wikipedia.

Selama ini sistem penulisan artikel di wikipedia cenderung sering dianggap tidak valid karena begitu banyak pihak yang dapat merubah, menambahkan ataupun mengurangi artikel. Hal itulah yang membedakan Knol dengan Wikipedia. Seorang yang ingin membagi ilmunya di Knol lewat artikel maka di akhir artikel yang ia buat harus mencantumkan siapa pembuatnya, disertai dengan biografi singkat serta latar belakang pendidikan. Sistem seperti ini dibuat agar artikel yang dibuat benar-benar dapat dipertanggung jawabkan dengan mempertaruhkan kredibilitas orang yang membuatnya.

Dan satu hal lagi, si pembuat artikel dapat menempatkan google adsense di halaman artikel yang ia buat (bisa jadi tambahan pendapatan buat dia).

Antara Knol dan Wikipedia tidak perlu membuat anda bingung, jika anda mencari informasi atau artikel tentang kesehatan maka anda bisa cari di Knol karena validitas dan kapabilitas sang pembuat artikel pasti tidak diragukan lagi tapi kalau anda sedang mencari artikel misal tentang biografi tokoh maka anda bisa gunakan Wikipedia.

Buat kita semakin banyak sumber informasi justru akan semakin baik karena diberikan begitu banyak pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲