24 Program gratis untuk Windows buatan Microsoft

| Jumat, 11 Desember 2009
Kesampingkan harga Windows 7 Ultimate Edition yang mungkin memberatkan bagi kebanyakan dari kita, ternyata Microsoft pun memiliki sisi lembut dan software-software gratisan berikut ini membuktikan hal tersebut.

Jika kita seorang pelajar atau mahasiswa, kita dapat mendownload software mengagumkan seperti Visual Studio 2010 Ultimate dengan gratis, dengan syarat kita mampu memverifikasikan kebenaran status kita di situs tersebut.

Dibawah ini terdapat beberapa aplikasi gratis terbaik yang telah dikembangkan secara sebagian atau penuh oleh Microsoft, yang akan membuat komputer Windows 7 kita semakin lengkap.

1. ISO Recorder

ISO recorder membuat kita lebih mudah untuk membuat sebuah imej ISO dengan menambahkan pilihan di 'Create Image from a DVD' dengan mengklik kanan Drive dari Windows Explorer.


2. Security Essentials

Meskipun Microsoft Security Essentials tidak memiliki semua fitur-fitur ekstra layaknya program antivirus berbayar namun dari segi perlindungan real-time dan scanning secara manual program yang satu ini dapat kita andalkan.

3. Windows Live Essentials

Chat dengan teman-teman, cek email, mengelola dan mengedit foto, memastikan anak-anak kita aman, membuat film atau dengan cepat mengupdate blog kita - itulah yang bisa dilakukan oleh aplikasi Live Essentials yang harus dimiliki oleh setiap PC berbasis Windows.

4. Microsoft SharedView

Berbagi layar dengan teman atau rekan kerja merupakan jenis aktivitas yang mungkin bagi sebagian orang sangat dibutuhkan. Microsoft Shared View dapat melakukan itu, memberikan akses layar kita ke lebih dari 15 orang, dengan antarmuka dan prosedur yang sangat mudah.

5. Synctoy

Secara otomatis membackup data kita ke perangkat terpisah menjadi mudah dengan Synctoy.

6. Autorun

Autoruns adalah sebuah utility mengagumkan yang dapat mencari bermacam-macam program yang berjalan saat start-up, dan mencari bermacam-macam proses serta program yang menghabiskan resource mesin kita.

7. XNA Game Studio 3.1

XNA Game Studio adalah sebuah tool gratis yang memungkinkan mereka yang hobi atau pengembang game independen untuk membuat game di pasar online dan menghasilkan uang yang nyata. Namun untuk mendalami software ini kita juga memerlukan keahlian programming.

8. Windows Virtual PC

Virtual PC memungkinkan kita menginstal OS (Sistem Operasi) terpisah bersama dengan Windows yang duduk dan bekerja secara independen dengan OS utama.

9. XP Mode

XP Mode merupakan jawaban Microsoft atas frustasinya para pengguna Windows Vista karena tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi XP. XP Mode memvirtualisasikan lingkungan XP dengan virtual PC, memungkinkan kita menjalankan aplikasi yang menolak untuk berjalan di Windows 7.

10. Speed Launch

Sesuai dengan namanya, Speed Launch memungkinkan kita meluncurkan sebuah program dengan cepat menggunakan shortcut Windows+C.

11. Visual Studio Express Editions 2008

Jika kita ingin belajar sebuah bahasa pemrograman, salah satu tempat terbaik untuk memulainya adalah dengan mendownload Visual Studio Express Edition.


12. Paint.Net

Microsoft Alumni bertanggungjawab membuat Paint.net, sebuah software open-source yang cukup mengagumkan yang merupakan tool imaging grafik gratis.

13. Robotics Developer Studio

Bersama dengan Visual Studio, Robotics Developer Studio Express Edition membolehkan pembuatan aplikasi robot.


14. Truespace

Mirip dengan Google Sketchup, TrueSpace adalah sebuah tool rendering 3D gratis.

15. Windows Easy Transfer

Windows Easy Transfer memungkinkan kita mentransfer foto, dokumen, email dan lainnya dari komputer Windows melalui sebuah jaringan.

16. Windows SteadyState

SteadyState akan membuat kita semakin mudah mengelola komputer dan account user melalui jaringan terbagi (shared network). SteadyState adalah sebuah aplikasi yang akan sangat berguna untuk di sekolah dan rumah.

17. Keyboard Layout Creator

Memiliki layout keyboard custom berarti kita dapat menyesuaikan key di keyboard dengan kebiasaan kita. Contohnya, memiliki beberapa huruf yang berdekatan akan sangat berguna bagi pengguna Photoshop. Keyboard Layout Creator juga memungkinkan kita memodifikasi file layout keyboard yang sekarang dan membuat yang baru.

18. Desktops

Spaces on OS X is a simple yet effective method of having multiple work environments. Desktops meniru fitur yang sama dengan 'spaces' di OS X, yang memungkinkan kita menjalankan empat desktop terpisah yang berjalan bersama.

19. Icon Editor

Dengan Icon Editor, kita dapat membuat ikon-ikon sendiri dalam format yang banyak dan menggunakannya sebagai thumbnail custom untuk folder atau program.


20. Image Composite Editor

Image Composite Editor memungkinkan kita 'menjahit' foto menjadi sebuah panorama.

21. SpeechSaver

SpeechSaver adalah sebuah utility sederhana yang akan mematikan Speech Recognition setelah beberapa menit tanpa aktivitas.

22. Desktop Time Tracker

Kita menghabiskan banyak waktu untuk sebuah tugas? Lacak penggunaan waktu yang kita gunakan dengan Time Tracker yang akan 'nangkring' di notification bar.

23. Insomnia

Karena Windows 7 tidak memberikan pilihan 'sleep' yang lebih pintar maka solusi termudahnya adalah menggunakan Insomnia. Insomnia adalah sebuah file .exe kecil yang akan menjaga komputer saat tidur selama window terbuka. Cukup tutup window kecil jika kita ingin komputer kita kembali dari setingan 'sleep'.

24. Windows Speech Recognition Macros

Windows Speech Recognition Macros adalah sebuah ekstension dari speech recognition default, memungkinkan kita untuk membuat macros sendiri yang akan aktif dengan perintah suara. Dengan aplikasi ini kita dapat membuat sebuah macro yang dapat disertakan secara rutin di dokumen Office.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲