Gmail akan dilengkapi dengan fitur kirim dan terima SMS

| Jumat, 11 Desember 2009
Layanan email buatan Google, Gmail, terus memperkaya dirinya dengan dengan berbagai macam fitur.

Rencananya Gmail akan dilengkapi dengan fitur kirim dan terima pesan SMS. Meskipun fitur itu sempat dirilis di Gmail Labs namun karena belum sempurna akhirnya pihak Google menarik kembali dan menyatakan akan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk memperbaikinya.

Bagaimana cara kerjanya?

Jika nanti 2 minggu lagi ternyata sudah tersedia kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu di account Gmail -- sama seperti fitur Google Calendar -- melalui menu Google Labs yang terletak diatas disamping menu-menu lainnya seperti Calendar - Documents - Photos, hanya saja kita pilih more -- even more. Lalu lihat di bagian Explore and Innovate dan pilih Labs.

Cara kerjanya jika ada seseorang menerima pesan SMS dari kita (yang kita kirim melalui Gmail), maka dia akan menerima pesan yang kita kirimkan itu sebagai pesan teks dan seandainya jika orang tersebut membalasnya maka kita akan menerima pesan SMS balik tersebut di Gmail.

Tidak perlu bingung-bingung karena Google sudah memesan 1000 nomer untuk mendukung fitus SMS chat ini. Dan dari salah satu nomer itu akan digunakan oleh mereka yang menggunakan layanan SMS chat sehingga nomer yang muncul di penerima adalah satu dari 1000 nomer milik Google.

Fitur ini mungkin prinsipnya tidak jauh berbeda dengan fitur status I'm on SMS seperti di Yahoo Messenger.

Kita tunggu saja dalam waktu dua minggu ke depan apakah fitur SMS chat dari Gmail sudah bisa digunakan atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲