Google akan menguasai koneksi internet dunia?

| Jumat, 11 Desember 2009
Dengan semakin banyaknya jumlah halaman web di dunia yang perlu di-indeks oleh Google dan beragam konten 'berat' seperti layanan berbagi foto atau video yang dimiliki oleh Google membuat Google berpikir untuk tidak membebani traffic internet umum di dunia dengan cara akan membuat jaringan internet khusus sendiri untuk layanannya.

Dilaporkan bahwa Google telah membuat proposal dan melakukan pendekatan kepada beberapa perusahaan besar di bidang kabel dan telepon yang bergerak dalam traffic internet. Dalam proposalnya itu Google meminta 'jalur internet khusus' bagi konten-konten yang dimiliki olehnya.

Tentu saja jika memang laporan itu benar dan menjadi kenyataan maka dunia internet tidak akan sebebas seperti sekarang ini. Tidak akan ada lagi internet yang netral yang memperlakukan semua pelaku, penggiat dan pengguna internet dengan sama. Yang berarti pula jika kita punya uang maka kita berhak atas kecepatan dan kemudahan yang diberikan oleh penyedia internet sedangkan bagi kita yang tidak memiliki uang untuk membeli/menyewa jalur internet khusus maka siap-siap saja situsnya akan menjadi lambat.

Akan muncul kapitalis dalam dunia internet dan hal itulah yang ditakuti seandainya kesepakatan yang dilakukan Google itu jadi terwujud.

Alasan yang dikemukakan oleh penyedia internet (perusahaan kabel dan telepon) adalah mereka merasa para penyedia konten - seperti Google - di internet juga ikut bertanggungjawab atas biaya jaringan yang harus mereka pikul terutama karena pertumbuhan internet yang cepat yang mencapai 50% per tahunnya. Dan untuk mengimbangi pertumbuhan yang sangat cepat itu maka penyedia internet memerlukan dana untuk mengupgrade jaringan mereka.

Kita berharap saja bahwa kabar itu tidak menjadi kenyataan sehingga internet bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi semua pihak :D.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲