Siap-siap untuk kehabisan bandwidth internet di tahun 2012

| Jumat, 11 Desember 2009
Penelitian yang dilakukan oleh Nemertes Research memperkirakan bahwa permintaan akan bandwidth internet di dunia maya akan mencapai kapasitasnya pada tahun 2012.

Studi yang dilakukan oleh Nemertes kali ini, yang mana merupakan tindak lanjut dari studi serupa yang dilakukan tahun lalu oleh Nemertes, menyimpulkan bahwa resesi ekonomi global yang terjadi saat ini hanya akan menunda peningkatan permintaan bandwidth internet saja bukan menghilangkan seperti apa yang mereka prediksikan tahun lalu. Nemertes juga memperkirakan bahwa pertumbuhan traffic internet akan mengalami kemunduran permintaan pada tahun 2010, namun kini Nemertes perlu merubah perkiraannya untuk disesuaikan dengan kondisi ekonomi global yang terjadi sekarang.

Apa yang diprediksikan oleh Nemertes bukan dalam arti bahwa internet setelah tahun 2012 akan mengalami crash atau mati secara serentak. Namun lebih kepada pengguna tertentu yang menggunakan aplikasi dengan bandwidth tinggi seperti video streaming dan berbagi file peer to peer yang akan merasakan bahwa aplikasi internet tersebut tidak akan secepat yang mereka harapkan.

Akan semakin banyak perusahaan yang go online dan semakin banyak para pekerja yang bekerja dari rumah dengan bantuan internet. Kedua hal ini semakin mempercepat habisnya kapasitas bandwidth dunia.

Saat ini memang dunia belum menemukan cara untuk mengatasi kemungkinan terburuk dari habisnya kapasitas bandwidth dunia. Dan yang dikhawatirkan oleh para peneliti dan pengamat adalah jika seandainya kapasitas bandwidth dunia sudah semakin menipis maka network neutrality (kenetralan jaringan) cuma akan menjadi slogan saja karena jaringan internet bisa menjadi ekslusif dan hanya menjadi milik mereka yang memiliki uang dan dana besar saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲